Mengungkap Pesona Karimunjawa sebagai surga kecil di indonesia

taman nasional karimunjawa poly dikaitkan dengan wisata laut. hal ini ditimbulkan banyaknya aktivitas wisata air misalnya bersantai di pantai pasir putih, berenang, memancing, berlayar, menyelam dan snorkeling, melihat atau memotret pemandangan bawah laut, mengobrol dengan penangkaran hewan bahari, & kegiatan rekreasi bahari lainnya. anda bisa melakukan kepulauan latif ini di laut. namun, wisata bahari bukan satu-satunya yg dimiliki karimunjawa. ternyata wisata religi menggunakan situs bersejarah makam sunan nyamplung buat wisata seni budaya karimunjawa belum banyak ditemukan.

 karimunjawa merupakan negara kepulauan pada jawa tengah dengan status administratif kecamatan pada bahari jawa, termasuk pada kabupaten jepara. berdasarkan legenda yang tersebar, pulau karimunjawa ditemukan oleh sunan muria. menurut legenda, sunan muria menceritakan pernah memerintahkan putranya amir hasan buat menaikkan pengetahuan agamanya berdasarkan puncak  gunung muria ke sebuah pulau yg tampak misalnya “kremun-kremun” (melarikan diri). pulau ini dikenal sebagai “karimunjawa” sampai sekarang, lantaran akhirnya berubah sebagai “kremun-kremun”. amir hasan kemudian dikenal sebagai sunan nyamplung karena menanam benih pohon nyamplung (calophyllum inophyllum l) pada karimunjawa. pohon nyamplung ini terbukti berguna menjadi resistor angin bagi tanaman  pertanian dan pelindung pantai, lalu diketahui bahwa biji nyamplung pula bisa digunakan menjadi bahan bakar botani. sampai waktu ini makam sunan nyamplung masih ramai dikunjungi peziarah & pengunjung yang tertarik mempelajari sejarah islam yang berkembang di pulau-pulau tersebut semenjak abad ke-15.

 sejak 15 maret 2001, karimunjawa ditetapkan menjadi taman nasional oleh pemerintah & dikelola oleh balai taman nasional karimunjawa, kementerian lingkungan hayati & kehutanan. taman nasional ini merupakan ekosistem asli & merupakan rumah bagi berbagai ikan hias berwarna-warni & hampir 400 spesies hewan bahari yang hidup pada terumbu karang. bahkan, satwa langka seperti elang bahari dada putih, bricata, & penyu hijau juga hayati di taman nasional karimunjawa. daerah hutan mangrove sebagai loka para pengamat burung & fotografer.

 di lima pulau berpenghuni, menggunakan luas daratan ± 1.500 hektar dan perairan ± 110.000 hektar. berbagai suku yang hidup pada karimunjawa merupakan suku jawa, bugis, madura & bajo, buton & mandar yg sudah hayati rukun secara turun temurun. sebagian akbar penduduk bekerja menjadi nelayan dan pengolah ikan kemarau. kekayaan stok ikan pada karimunjawa nir perlu diragukan lagi.

 sebagai negara kepulauan dengan penduduk yg lebih banyak didominasi beragama islam, karakter masyarakat yang sangat ramah dan santun sebagai kapital utama bagi pengembangan pariwisata. keramahan penduduk lokal wajib  disikapi sang wisatawan yang juga menghargai budaya lokal menggunakan berpakaian di daerah berpenduduk & bersikap sopan. pilihan sandang yang lebih majemuk bisa dikenakan di pulau resor atau kawasan wisata.

 banyak hal yg membuat wisata karimunjawa menjadi unik yg tidak ditemukan pada taman nasional lainnya di indonesia. ekosistem orisinil, terumbu karang yang sehat, fauna langka & pulau resor ramah lingkungan. kuliner lezat   yg dibuat menggunakan bahan-bahan segar yg ditangkap sang nelayan lokal dan keramahan penduduk setempat. Dalam berlibur ke karimujawa terdapat sebuah paket wisata karimunjawa yang dpat anda dapatkan dengan cara yang mudah dan akan sangat membantu anda saat hendak berlibur ke karimunjawa.

perkembangan industri pariwisata telah mendorong pemerintah buat menyediakan infrastruktur yg lebih baik. listrik tersedia 24 jam, pengembangan bandara dewadaru & pembangunan pelabuhan legon bajak & masih poly lagi buat menaikkan kualitas hidup penduduk lokal & pengunjung wisata. perbaikan & pengembangan infrastruktur pariwisata memastikan bahwa penduduk lokal mempunyai dampak positif pada pengembangan pariwisata. belum lagi masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sumber daya pariwisata seperti akomodasi, restoran & penjualan aneka macam souvenir khas. souvenir yang wajib  dibeli menggunakan tangan tentu saja bukan pasir pantai, karena akan menghambat lingkungan. bisa menjadi pilihan kado berupa penganan ikan, gelang dan aksesoris berbahan kayu dewadaru, kayu stigi atau kalimasada.

peziarah mengunjungi makam sunan nyamplungan selama beberapa bulan. poli poli jemaah memilih untuk menginap di penginapan yg ada di pulau karimunjawa.

pilihan terkenal lainnya bagi turis asing adalah menginap di pulau liburan. pulau-pulau wisata yang wajib  dikunjungi pada karimunjawa diantaranya pulau menjangan, pulau geleang, dan pulau mengawakan kura-kura resort.

 selain itu, wisata pantai mengamati burung diselenggarakan pada hutan bakau pada pantai ujung gelam pada pulau karimunjawa. untuk makan malam, terdapat banyak warung ikan bakar segar dan lezat   di alon karimunjawa dekat pelabuhan. sayangnya, toko-toko ini poly menggunakan plastik sekali pakai misalnya gelas plastik. sampah plastik yang tidak dikelola menggunakan baik bisa menghambat ekosistem karimunjawa. oleh karenanya, sahabat bepergian harus menjaga lingkungan, menghindari penggunaan plastik sekali gunakan atau lebih baik membawa botol minum sendiri.

 perjalanan menuju karimunjawa dapat ditempuh dengan menggunakan penerbangan berdasarkan bandara ahmad yani semarang menggunakan nam air atau penerbangan perintis menurut bandara djuanda surabaya menggunakan airfast. terdapat jua resort yg menggunakan pesawat carteran buat tamunya terbang ke karimunjawa. pilihan lainnya merupakan bepergian menggunakan km kartini, km express bahari atau km siginjai menurut jepara.

 rahman hidayat, deputi ketua   infrastruktur kementerian kelautan, perikanan, dan pariwisata, yg yang terbaru berkunjung ke karimunjawa, menegaskan dukungan infrastruktur pariwisata harus ramah lingkungan & sesuai dengan kearifan lokal. pengelolaan sampah secara terpadu harus dibangun di karimunjawa supaya pertarungan sampah bisa segera diantisipasi sekaligus edukasi kebersihan & bahaya sampah plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *