Mengenal Lebih Jauh Tentang Chain Block 2 Ton

Sebagian besar masyarakat mungkin belum banyak yang tahu apa itu chain block 2 ton. Wajar saja karena alat ini memang tidak ditemukan di kehidupan masyarakat sehari-hari, melainkan sering kali dijumpai di lingkungan pabrik. 

Untuk Anda yang belum tahu, chain block atau takel sederhananya adalah alat yang cara kerjanya mirip seperti katrol yang sering kita temui di sumur air. Namun perbedaannya, chain block memiliki fungsi khusus, yaitu digunakan di ranah pabrik untuk mengangkat beban yang cukup berat.

Beban yang bisa diangkat menggunakan chain block juga beragam, misalnya adalah mesin, pipa besi, dan lain sebagainya. Secara umum alat ini bisa digunakan untuk mengangkat beban hingga bobot tonase.

Komponen-Komponen Chain Block 2 Ton

Supaya bisa mengenal lebih jauh tentang chain block 2 ton, maka Anda perlu memahami komponen-komponen yang ada di alatnya. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Loop Chain

Chain block memiliki dua jenis rantai, yaitu lifting chain dan hand chain. Lifting chain adalah rantai yang terhubung langsung dengan beban yang diangkat. Pada rantai ini, terdapat pengait di ujungnya yang digunakan untuk mengaitkan beban. Sementara itu, hand chain adalah rantai yang ditarik oleh pengguna untuk mengangkat atau menurunkan beban.

2. Kait Atas

Selain memiliki kait di rantainya, chain block juga memiliki kait di bagian atasnya. Kait ini fungsinya adalah untuk meletakkan atau menggantungkan chain block 2 ton tersebut sebelum bisa digunakan untuk mengangkat beban.

Umumnya, kait bagian atas yang digunakan pada takel 2 ton dapat diputar 360 derajat. Artinya kait tersebut bisa dengan mudah digunakan karena bisa menghadap ke segala arah.

3. Lifting Mechanism

Bagian terakhir ada lifting mechanism yang berada di poros perputaran chain block. Lifting mechanism adalah bagian inti karena mencakup roda gigi, poros penggerak, sprocket, dan gandar. Ada juga rem chain block dengan fungsi untuk mengerem barang yang turun ke bawah ketika diangkat.

Penerapan Chain block

Karena takel 2 ton dapat mengangkat beban yang cukup berat, maka alat ini sangatlah penting peranya di industri. Berikut adalah contoh penerapan chain block 2 ton di industri.

1. Industri Konstruksi

Di industri konstruksi, chain block digunakan untuk mengangkat material-material berat pada pembangunan gedung bertingkat.

2. Industri Perkapalan

Proses pembuatan kapal memerlukan barang-barang berat seperti mesin, pipa, atau plat yang perlu dipindahkan menggunakan chain block.

3. Industri Otomotif

Dalam industri otomotif, mesin dengan bobot yang berat memerlukan bantuan chain block untuk memindahkannya.

4. Industri Minyak dan Gas

Chain block juga sering digunakan untuk membantu proses pengeboran minyak atau mengangkat barel dan pipa yang berat.

Penerapan chain block di industri tidak sebatas yang telah disebutkan di atas. Industri Anda pun mungkin akan membutuhkannya. Oleh karenanya, cek disini chain block 2 ton untuk mendapatkan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *