Cara Memilih Simpanan Yang Aman Di Bank Swasta

Sejak kecil, anak-anak telah diajarkan mengenai betapa pentingnya menabung. Sehingga, saat besar kita dapat dengan mudah melakukannya. Simpanan dengan bunga yang tinggi sangatlah diperlukan untuk jangka panjang, sehingga jika sewaktu-waktu membutuhkan uang, kita bisa langsung mengambilnya di bank. Langkah yang satu ini memanglah langkah yang paling mudah yang dapat dilakukan oleh setiap orang untuk menyimpan uang mereka dan juga untuk menumbuhkan semangat dalam diri sendiri untuk bersikap hemat. Selain itu, tujuan dari rajin menabung juga dari dulu tidak pernah berubah, tapi kini seseorang dapat menabung ke tempat yang lebih aman di bandingkan celengan yaitu menabung di bank. Apalagi saat ini sudah ada banyak pilihan bank, baik itu bank konvensional ataupun bank yang tersebar di berbagai penjuru tanah air, sehingga membuat siapapun bisa menyimpan uangnya sendiri dengan baik di bank. Lalu, apakah Anda tahun alasan mengapa menabung itu penting? Dan apa saja kelebihan menabung di bank? Salah satu jawabannya ialah, karena menabung di bank sangatlah aman. Selain aman, ada banyak manfat serta keuntungan yang lainnya yang bisa didapat saat kita menjadi nasabah suatu bank. Nasabah bank merupakan sebutan untuk seseorang yang menabung di bank. Sebelum Anda mulai menabung, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan bank daripada tempat simpanan yang lainnya.

1. Bank lebih aman.

Sudah merupakan hal yang pasti bahwa bank jauh lebih aman sebagai tempat menyimpan uang dibandingkan di celengan atau di bawah kasur Anda seperti yang sering dilakukan oleh orang-orang dulu. Jika seandainya suatu saat rumah Anda terkena musibah banjir, mungkin saja nanti celengan di rumah Anda akan hilang terbawa hanyutnya air sehingga uang tabungan Anda akan ludes tidak tersisa. Namun, hal ini juga tidak perlu Anda khawatirkan lagi saat menabung di bank, karena uang Anda nantinya akan aman karena di bank, semuanya telah dijamin keamanannya. Tapi, sebelum Anda mulai untuk menabung, Anda harus memastikan bank telah mempunyai ijin dari OJK serta telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

2. Memperoleh keuntungan bunga yang berasal dan bagi hasil.

Hingga saat ini, tidak sedikit orang yang merasa menabung di bank karena tergiur akan bunga maupun bagi hasil yang ditawarkan oleh bank. Coba Anda bayangkan jika Anda menabung untuk jangka waktu yang lama, dan nominal tabungan Anda menjadi semakin besar. Sehingga, semakin besar bunganya, maka akan semakin besar juga keuntungan yang akan diperoleh.

3. Mudahnya dalam melakukan transaksi

Yang ketiga ialah, karena mudanya bertransaksi uang di bank, apalagi saat ini telah banyak terlahir kemajuan teknologi sehingga terciptalah ATM, internet banking, mobile banking, hingga SMS banking. Dan dengan teknologi tersebut, Anda pun akan lebih mudah melakukan transaksi di dalam jumlah yang kecil ataupun besar selama 24 jam tanpa harus repot-repot ke bank.

Menabung di bank khususnya di bank swasta, banyak menjadi pilihan masyarakat terutama dalam simpanan deposito. Alasannya ialah karena aman, dan telah memperoleh jaminan LPS dengan syarat serta ketentuan yang berlaku. Tidak hanya itu saja, deposito pun akan menjaga nilai pokok dana yang Anda simpan di simpanan deposito sehingga tidak berkurang. Dan cenderung bertambah karena memiliki bunga setiap bulannya. Alasan lainnya banyak yang memilih menyimpan uang di bank swasta ialah karena suku bunganya yang tinggi. Tabungan deposito memiliki besar bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Selain itu, meskipun dana pokok pada simpanan deposito tidak boleh diambil, namun beberapa bank yang sudah terkemuka di Indonesia telah menyediakan fasilitas akses yang jauh lebih mudah mengenai bunga deposito. Itu berarti bunga deposito dapat ditransfer ke rekening milik nasabah sehingga yang bersangkutan pun hanya dapat memperoleh pendapatan rutin. Beberapa bank swasta yang memiliki bunga tinggi diantaranya ialah Bank BCA dengan bunga sebesar 5% untuk jangka waktu 1 bulan, lalu ada Bank Cimb Niaga dengan besar suku bunga 6,9%, serta Panin Bank dengan suku bunga sebesar 7%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *